Mahyeldi Lepas Ribuan Peserta Napak Tilas Bela Negara

PADANG – Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah selaku Ketua Forum Bela Negara Sumatera Barat melepas peserta napak tilas Bela Negara 2019 di GOR H. Agus Salim, Senin (16/12/2019).

Meskipun saat pelepasan Kota Padang tengah diguyur hujan, namun tidak menyurutkan ribuan peserta dari berbagai unsur di provinsi Sumatera Barat ini. Peserta akan bertolak menuju Koto Tinggi, Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota tepatnya di Monumen PDRI.

Dalam kesempatan ini, Mahyeldi menyampaikan, peringatan Hari Bela Negara adalah momentum menghidupkan semangat dan nilai – nilai patriotisme. Semangat ini didasari dari perjuangan pemerintahan sementara menyusul penangkapan Sukarno – Hatta.

“Untuk menyelamatkan Republik Indonesia, ditunjuk Mr. Syafruddin Prawiranegara mengendalikan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Bersama puluhan pejuang, Syafruddin bergerilya untuk mempertahankan eksistensi Republik Indonesia, ” kata Mahyeldi

Untuk mengenang perjuangan tersebut , pemerintah RI membangun Monumen Nasional Bela Negara di salah satu wilayah basis perjuangan PDRI. Tepatnya, ada area seluas 40 ha di Jorong Sungai Siriah, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Inilah bentuk penghargaan pemerintah kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat atas perannya pada masa perjuangan bangsa Indonesia di masa lalu dalam mempertahankan NKRI. Sekaligus jadi pelajaran bagi generasi muda untuk dijadikan contoh dalam memaknai bela negara dan Cinta tanah air,” papar Mahyeldi yang bergelar Datuk Marajo ini.

Terkait agenda napak tilas, pria yang disapa Buya itu menjelaskan, diadakannya kegiatan ini untuk ikut merasakan perjuangan Mr . Syafruddin dan pejuang lainnya.

“Medan perjalanan yang ditempuh sangat berat. Hal ini akan kita rasakan. Butuh daya juang yang tinggi seperti pejuang masa itu, ” ungkapnya.

Adapun kegiatan napak tilas akan berakhir di Bidar Alam Solok Selatan. Pada 19 Desember, bertepatan dengan Hari Bela Negara akan dilaksanakan upacara di GOR H. Agus Salim, bakal bertindak selaku inspektur upacara, Panglima Kodam Bukit Barisan. Peserta upacara diprediksi mencapai 60 ribu orang dari semua unsur dan lapisan masyarakat. (der)

 

Sumber : https://padangmedia.com

Satu pemikiran pada “Mahyeldi Lepas Ribuan Peserta Napak Tilas Bela Negara

  1. Ping balik: Arsip PDRI | Aie Angek City

Tinggalkan komentar